Powered by Blogger.

Labels

Labels

Labels

Tuesday, March 6, 2012

Perbedaan Dualcore dengan Core 2 duo










Setelah sekian lama mencari perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo, akhirnya pencarian berakhir sudah di tempat pameran komputer di salah satu sudut kota Surabaya. Saat mampir di salah satu stand yang menawarkan salah satu notebook produk lokal, iseng aku tanya pada salesnya, "Apa sih bedanya Core 2 Duo sama Dual Core ?". "Kalo Core 2 Duo itu teknologinya lebih baru, jadi lebih cepet..", gitu katanya.


Sempat keki aku dibuatnya. Kalo jawabannya seperti itu, aku juga udah tahu, pikirku seperti itu. "OO.. gitu ya??, Trus, kalo gitu Dual Core dengan kecepatan 2 Ghz dengan Core 2 Duo dengan kecepatan 2 Ghz juga, bedanya apa dong??", tanyaku lagi. Lalu sales itu jawab dengan sedikit grogi, mungkin dia udah ngerti kalo sedang aku kerjain.. hehe.. "Ya lebih cepet yang Core 2 Duo mas..".

Cape deh... sempat juga aku putar-putar pertanyaannya, dianya malah kebingungan. Akhirnya dia pake jurus pamungkas, yaitu memanggil temennya yang lebih senior. Dengan pertanyaan yang sama, yaitu perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo. Inilah jawaban yang aku tunggu-tunggu... eng..ing..eng..

Kalo dua core itu, dalam satu processor memang ada dua "tempat kerja", namun tempat kerja kedua baru dipakai jika tempat kerja pertama sudah tidak sanggup melaksanakan tugasnya.

Nah, pada Core 2 Duo, dalam satu processor yang mempunya 2 "tempat kerja" juga, dua-duanya dipakai bersamaan dalam menyelesaikan satu tugas. Jadi disinilah letak perbedaannya. Makanya Core 2 Duo lebih cepet menyelesaikan tugas, karena satu tugas dikerjakan bersamaan di tempat yang berbeda.

Kalo di Dual Core, satu tugas diselesaikan di satu tempat dulu, setelah tempat pertama tidak mampu menyelesaikan tugas atau bebannya terlalu berat, maka, barulah digunakan tempat kerja kedua.

0 comments

Post a Comment

Pages

MainMenu(Do-not Edit Here)